Hati nurani

23 Apr

Rasulullah bersabda: “Dalam tubuh ada mudghah, jika ia baik, maka seluruh tubuh menjadi baik pula. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh tubuh.” (HR al-Bukhari dan Muslim). Hati yang baik disebut qalbun salim atau hati nurani (hati yang bercahaya) yang selalu mendapat petunjuk dan bimbingan dari Allah. Sedangkan hati yang tidak baik disebut qalbu ghairu salim atau zhulmani (hati yang gelap/zalim).

Hati nurani selalu terbuka menerima dan menyampaikan kebenaran, berkata benar, melihat yang baik, dan mendengarkan yang bermanfaat. Bahkan ketika mendengar pembicaraan, diseleksi yang terbaiknya (QS az-Zumar [39]: 18). Rasulullah bersabda: “Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, berkatalah yang benar, kalau tidak bisa, sebaiknya diam.” (HR Muslim).

Kebalikan dari hati nurani adalah hati zhulmani. Gelap dari petunjuk berarti menutup diri dari kebenaran, cenderung kepada dishamonisasi, memutus silaturahim, egois, suka membuat teror dan provokasi. Jika suatu kebenaran merugikan dirinya, maka akanditutup-tutupi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: